PANEN RAYA KELOMPOK TANI "SUMARAH"

FARAH AYU MULIASARI 07 Maret 2024 13:12:33 WIB

Panen Raya Padi Padukuhan Ngawis 2 dari Kelompok Tani “Sumarah” telah terlaksana dengan lancar. Padi sendiri merupakan salah satu tanaman budidaya terpenting dalam peradaban. Padi juga merupakan tanaman pangan utama yang menghasilkan beras sebagai sumber makanan pokok masyarakat Indonesia. Selain itu, sawah padi juga memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan lingkungan.

 

Namun, peristiwa yang terjadi pada bumi kita yang semakin tua ini, telah terjadi fenomena Elnino. Elnino adalah sebuah fenomena cuaca yang terjadi akibat peningkatan suhu permukaan air di Samudra Pasifik Tengah dan Timur yang menjadil lebih hangat dari biasanya.fenomena alam ini menyebabkan perubahan pola cuaca global, yang berdampak signifikan pada iklim di berbagai wilayah di dunia. Termasuk di Indonesia. Karena fenomena inilah, banyak terjadi kesulitan pengadaan pangan di masyarakat. Khususnya masyarakat di Kalurahan Ngawis. Curah hujan tidak menentu dengan iklim cuaca yang sangat panas.

 

Tetapi, berkat kerja keras dan keuletan dari Kelompok Tani “Sumarah” yang diketuai Sutar, di Padukuhan Ngawis, dapat mengadakan Panen Raya Padi yang pada kesempatan tersebut, Wakil Bupati Kabupaten Gunungkidul, Heri Susanto, S.Kom, M.Si, memberikan sedikit ucapan selamat dan ikut berbahagia dengan berhasilnya Kelompok Tani “Sumarah” dalam menghasilkan Padi ketika beberapa tempat lain mengalami gagal panen. Beliau juga berjanji akan terus ikut membersamai para petani untuk menunjukkan rasa kepedulian beliau dalam sektor pangan. Beliau berharap Pemerintah juga nanti akan lebih peduli terhadap para petani. Karena para petani berkaitan langsung dengan kelangsungan pangan di masyarakat.

 

Anjar Kurniawan, A.Md, Lurah Ngawis juga turut menambahkan bawa para petani merupakan pejuang pangan garis depan. Petani sendiri bisa disebut Pahlawan Pangan. Karena bela negara untuk para petani adalah dengan menanam dan menghasilkan pangan. Diharapkan nantinya harga beras yang meroket saat ini dapat sedikit menurun agar dapat membantu masyarakat kecil.

 

Kegiatan Panen Raya Kelompok Tani “Sumarah” ini semoga dapat membuat Kelompok Tani dari Padukuhan lain juga dapat merasakan Panen Raya. Sehingga, kebutuhan Pangan masyarakat Kalurahan Ngawis dapat terpenuhi dengan baik.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung