Kesuksesan Rapat Anggota Tahunan (RAT) PUAP Gapoktan Ngawis

FARAH AYU MULIASARI 18 Januari 2024 21:49:24 WIB

GAPOKTAN atau Gabungan Kelompok Tani merupakan kelembagaan pertanian yang dibuat dengan tujuan untuk memfasilitasi kegiatan – kegiatan pertanian dari sektor permodalan hingga pengolahan hasil pertanian. Gapoktan sendiri memiliki peran yang strategis dalam mengorganisasi petani dan meningkatkan kesejahteraan petani khususnya pada peningkatan produksi pertanian di wilayah Kalurahan Ngawis.

 

Kamis, 18 Januari 2024, Rapat Anggota Tahunan (RAT) dan Pengembangan Usaha Agribisnis Perdesaan (PUAP) Kalurahan Ngawis telah dilaksanakan. Pada acara tersebut turut dihadiri oleh Lurah Ngawis, Panewu Karangmojo, Kepala Bidang Kemakmuran Kapanewon Karangmojo, Kepala Bidang Penyuluhan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Gunungkidul juga Ketua beserta Anggota Gapoktan Kalurahan Ngawis.

 

Dalam acara RAT PUAP Gapoktan Ngawis tersebut, Yuni Winarti, selaku Ketua Gapoktan Kalurahan Ngawis melaporkan keuangan selama tahun 2023. Baik Laporan Pertanggung Jawaban maupun Neraca Keuangan hingga Daftar Piutang Gapoktan Ngawis selama tahun 2023.

 

Kawit Raharjanto, S.Sos, MM, Panewu Karangmojo menanggapi Laporan Keuangan dari Gapoktan Ngawis terlihat sangat baik dan lancar. Gapoktan Ngawis telah berhasil mengembangkan modal awal sebesar 26%. Beliau berharap hal tersebut dapat memberi dampak positif untuk perkembangan pertanian dan meningkatkan kesejahteraan petani maupun anggota.

 

Ir. Joko Priyono, MSi, selaku Kepala Bidang Penyuluhan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Gunungkidul, menambahkan bahwa dengan diadakannya RAT PUAP secara rutin setahun sekali dapat mengevaluasi kinerja dari pemanfaat dan anggota. Beliau juga membahas mengenai piutang macet pada para pemanfaat. Beliau berharap Anggota dapat mendapatkan solusi terbaik untuk hal tersebut.

 

Anjar Kurniawan, A.Md, Lurah Ngawis, juga turut mengapresiasi kinerja dari Gapoktan Ngawis karena sudah meningkatkan kinerja dari tahun ketahun. Beliau juga menambahkan bahwa Kalurahan Ngawis juga telah menganggarkan dari Dana Desa untuk Ketahanan Pangan dalam bentuk bantuan pupuk maupun bibit untuk para petani. Pemerintah Kalurahan Ngawis berusaha semaksimal mungkin agar para petani yang mendominasi di Kalurahan Ngawis menjadi sejahtera dan membantu masyarakat di bidang pangan.

 

Ketahanan Pangan adalah hal yang sangat penting untuk dijaga oleh setiap petani. Jika terjadi hal yang mengganggu ketahanan pangan, maka akan dipastikan seluruh lapisan masyarakat akan menerima dampaknya. Baik dengan tingginya harga maupun kelangkaan pangan. Diharapkan Gapoktan Ngawis akan terus dapat meningkatkan kinerjanya hingga mensejahterahkan Petani, Pemanfaat, Anggota maupun seluruh masyarakat Kalurahan Ngawis.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung